Cara Mudah Dan Tepat Menjadi Pemimpin Yang Baik Dan Bijaksana

Posted on

Halo sahabat -sahabat ikito yang berbahagia, oke langsung saja yqang , pada kesempatan kali ini saya akan memberi tips dan trik bagaimana caranya agar menjadi pemimpin yang baik dan bijaksana.

Menjadi pemimpin yang baik adalah keinginan banyak pemimpin diluar sana. bahkan banyak oarang diluar sana yang sangat menginkan menjadi pemimpin yang baik dan bijaksana. bagaimana sih caranya agar dapat menjadi pemimpin seperti itu, amri kita simak artikel dibawah berikut.

cara menjadi pemimpin yang baik dan bijaksana

Dalam memimpin ada beberapa tipe berdasarkan orang yang dipimpin, yaitu: Pemimpin yang senang berinteraksi dan bergaul akan cocok diterapkan untuk tipe orang yang memiliki kreatifitas seperti pekerja desain atau seni.

Pemimpin yang tegas, disiplin dan otoriter akan cocok untuk memimpin militer ataupun menjadi atasan orang-orang yang jenjang pendidikannya rendah seperti di pabrik. Sementara pimpinan yang mengayomi cocok untuk sebuah organisasi kepemudaan, agama ataupun sosial.bagaimana sih caranaya. berikut beberapa tips cara menjadi pemimpin yang baik.

contoh pemimpin yang disegani karyawannya

1.Beri contoh

Hal pertama yang dapat anda terapkan adalah dengan meberi contoh kepada bawahan anda. jangan cuma hanya memberi pertintah dan larangan saja, coba sekali- kali beri contoh kepada bawahan anda, supaya anda terkenal ramah oleh bawahan anda.

2.Kumunikasi yang baik

Jangan mentang- mentang anda sudah jadi pemimpin, anda sombong. jangan ! jangan lakukan hal itu jika anda ingin menjadi pemimpin yang baik. jadi pemimpin yang baik itu harus selalu berkumikasi dengan karyawan dengan baik dan sopan.

3.Bertanggung jawab

Pemimpin yang baik itu adalah pemimpin yang mau selalu bertanggung jawab atas perbuatan kamu sendiri. jangan mentang mentang kamu pemimpin, jika ada masalah menyuruh bawahan kamu menyelesaikannya, lebih baik anda sesesaikan urusan anda sendiri, agar semua karyawan tidak ada yang kecewa dengan sifat anda.

4.Kuasahi bidang pekerjaan anda

Jika anda bekerja di pt minyak, maka anda harus menguasai tentang seputaran minyak, jangan anda tidak tahu menahu soal minyak, karena hal ini dapat menyebabkan kerugian pada perusahaan anda sendiri ya.lebih baik jika ingin menjadi pemimpin maka kuasai terlebih dalulu bidang pekerjaan yang anda pegang.

5.Jangan jatuh cinta dengan bawahan

Jika Anda menjadi seorang pemimpin di kantor, sebaiknya hubungan asmara dengan bawahan langsung tidak dilakukan. Alasannya adalah bila terjadi masalah internal dengan orang yg dicintai maka akan sulit berpikir rasional.

6.Pertimbangakn keputusan yang akan diambil

Jika anda ingin menjadi pemimpin yang baik dan bijaksana, maka selalu pertimbangkan keputusan anda selalu ya. pertimbangkan terhadap resiko yang akan terjadi, dan apa . jangan enggan untuk selalu meminta pendapat dari bawahan anda.

7.Konsisten dan dapat dipegang omonganya

Jika anda berkata maka anda harus melaksanakan apa yang telah kamu katakan tadi, jangan mebuat perbuatan yang menyilang dari apa yang telah kamu omongkan tadi.

Kalau kamu menghukum seseorang karena berbuat salah, kamu harus memberikan hukuman yang sama secara adil bila diulangi oleh orang lain. Selain itu kalau kamu sudah mengeluarkan peraturan / larangan jangan berubah-rubah tergantung kondisi dan pelakunya.

8.Rewad dan punishment

Jika anda ingin menjadi pemimpin yang royal, maka selalu beri kesempatan dan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi.dan hukuman kepada yang bersalah secara adil agar bawahan Anda tetap bekerja secara efektif.

Demikianlah artikel yang dapat saya berikan, semog adapat bermanfaat dan dapat selalu membantu para pengusaha ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *