Trik Jitu Cara Cepat Melatih Otak Agar Lebih Cerdas Dan Berfikir Tajam

Posted on

Halo sahabat ikito ,Apakah kamu pernah sering lupa padahal baru saja dilakukan, misalnya lupa dimana terakhir menaruh kunci kamar, kunci kendaraan, kacamata, atau lupa mengingat kenalan baru padahal hanya hitungan menit yang lalu berkenalan. Jika kamu mengalami kondisi seperti itu, kamu wajib mulai memberi perhatian khusus ke fungsi otak kamu.

sedang berfikir

Tidak begitu lama berselang, ilmuwan dan dokter percaya bahwa jumlah neuron, sel, dan jalur saraf di otak tidak akan berubah sejak kita lahir. Jadi, kita harus menggunakannya, atau kehilangan fungsinya. Otak terdiri dari empat lobus utama, struktur berlipat di dalam lobus, belahan kiri dan kanan, jaringan komunikasi yang rumit, dan lebih dari 100 miliar sel saraf.

Berita baiknya, dalam tahun-tahun terakhir ini komunitas riset ilmiah menemukan proses yang disebut neuroplastisitas. Artinya, jalur komunikasi saraf dan sel-sel saraf di otak terus berkembang seumur hidup. Proses ini makin melambat seiring usia, tetapi tidak berhenti sepenuhnya seperti yang kita yakini sebelumnya.

Anda dapat merangsang pertumbuhan sel dan jalur saraf baru dengan meningkatkan kemampuan berpikir dan fungsi otak secara keseluruhan.

Berikut cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkann kecerdasan otak anda yang dapat dilakukan dengan hal-hal yang sederhana tapi sangat bermanfaat ini:

1.Bermain teka-teki silang

Permainan ini mengasah otak dan terbukti memengaruhi fungsi kognitif sehingga memperlambat kondisi kepikunan. Selain teka-teki silang, sudoku, scrabble, dan Bingo dapat dijadikan alternatif dalam mempertajam fungsi otak kita.

Dengan bermain permainan di atas dipercaya akan menguji banyak kosentrasi, pola pengenalan dan kecepatan dalam menghadapi ketegangan. Dan, ini adalah keterampilan yang membuat otak tetap tajam.

2.Pelajari keterampilan baru

Anda membutuhkan pemikiran logis untuk mempelajari kemampuan baru. Ketika menghadapi tugas yang menantang, Anda membutuhkan logika dan strategi agar bisa mengembangkan keterampilan baru.seperti belajar bermain gitar,belajar menggambar atau melukis,belajar memasak dan lain sebagainya.

3.Istirahat siang

Tidur siang dipercaya dapat meningkatkan kapasitas otak, bahkan lebih baik sebelum tidak tidur. Menurut studi dari Universitas of California, Barkeley, AS, saat tidur terjadi aktifitas memindahkan informasi dari hipokampus ke dalam penyimpanan memori yang lebih permanen, yaitu korteks. Ketika bangun, Hipokampus siap menerima lebih banyak informasi.

4.Jaga tubuh agar tetap aktif

Sederhananya, ketika kita berlatih atau berolahraga, detak jantung meningkat, oksigen dipompa ke otak dengan kecepatan yang lebih tinggi dan sel otak berkembang lebih cepat. Semakin banyak sel otak yang tercipta, semakin mudah untuk sel-sel tersebut berkomunikasi satu sama lain, mengembangkan jalur saraf yang baru. Otak kita menjadi lebih efisien dan lentur sehingga menghasilkan performa kognitif yang lebih baik.

5.Menulis dengan tangan

Menulis dengan tangan dipercaya akan mengaktifkan banyak bagian otak dibandingkan mengetik. Selain itu dengan menulis, gerakan tangan yang aktif akan membuat kita mudah mengingat.

Ternyata menulis dengan tangan dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak, antara lain mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan, meningkatkan kreatifitas, kemampuan kognitif, dan memori.

6.Berhitung dan membaca

Membiasakan diri untuk berhitung menggunakan otak ketimbang menggunakan kalkulator dapat menjaga otak tetap cerdas. Kebiasaan ini dapat dilakukan sehari-hari seperti menghitung pengeluaran.

berhitung dan membaca

Selain berhitung, membaca setiap hari juga membuat otak mendapatkan pengalaman baru dan merangsang untuk tetap aktif.

7.Jauhkan ponsel dari kepala anda pada saat tidur

Ada banyak mitos dan sedikit kebenaran tentang bagaimana ponsel pintar memengaruhi kinerja otak. Meski masih diperlukan lebih banyak riset mengenai alat nirkabel ini, tampaknya memang ada keterkaitan antara tidur dan sinar biru yang dipancarkan oleh layak elektronik termasuk dari ponsel pintar.

8.Makan -makanan yang bergizi

Kecerdasan otak juga dapat ditingkatkan dengan memakan makanan bergizi yang kaya akan omega 3 dari minyak ikan, protein dan vitamin B kompleks. Kandungan ini terbukti dapat merangsang otak bekerja lebih baik.

Kandungan ini dapat ditemui ikan, sayuran, alpukat, sereal, beras merah, dan buah-buahan.

 

Itulah beberapa trik yang terbukti ampuh untuk meningkatkann kecerdasan pada otak anda.semoga trik dan tips yang saya berikan sangat bermanfaat dan jangan lupa  selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *