10 Tips Sakti Cara Menghafal Dengan Cepat

Posted on

Hai sahabat

Kamu tentu ingat ketika kita masih kelas 1 SD, kita sudah diminta untuk mulai menghapal perkalian dan lain-lain. Hingga saat ini, ada banyak guru yang masih menerapkan cara-cara tersebut, yaitu, menghafal untuk belajar.

Banyak orang mengatakan bahwa, jika kamu ingin pintar dan menguasai banyak hal, maka kamu harus menghafal.

sedang menghafal

Menghafal dengan cepat adalah bakat yang penting untuk dimiliki. Apakah untuk sekolah, bekerja atau hanya untuk mengembangkan diri sendiri, melatih daya ingat Anda menambah kemampuan Anda sebagai pribadi dan membantu menjaga otak Anda sehat. Seni menghafal kuno dan bersejarah dipenuhi dengan cara-cara cerdas memasukkan item-item ke memori. Dengan menerapkan psikologi modern, pendekatan untuk menghafal.

Inilah beberapa cara yang sudah terbukti sangat ampuh untuk mulai menghafal dengan cepat.berikut cara-caranya :

1.Segarkan dirimu

Tips cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa yang pertama adalah dengan mengetahui waktu dimana kekuatan otakmu bisa keluar 100%, ada yang mudah menghafal saat tengah malam, ada yang pada pagi hari, sore hari, atau sebelum tidur. Temukan yang mana yang paling cocok untukmu.

Selain itu buat dirimu dan otakmu segar agar lebih mudah berkonsentrasi, lebih bersemangat, dan lebih kuat hafalan. Salah satu caranya adalah dengan mandi.

2.Melatih fokus anda

Salah satu kunci untuk memperkuat ingatan adalah melatuh fokus. Kurang-kurang melakukan hal-hal yang bisa mengalihkan fokus kamu. Media sosial biasanya menjadi pengalih fokus yang paling kuat.

Agar bisa menggunakan kekuatan fokus kita di saat dibutuhkan, yang dalam konteks pembicaraan ini adalah saat kita diharuskan untuk menghafalkan sesuatu.Cobalah untuk membuat situasi yang kondusif saat kita latihan menghafal.

3.Buatlah cerita pendek yang unik

Temen-temen harus membuat cerita pendek sekreatif mungkin bila perlu selucu mungkin untuk list kata-kata yang akan dihafal. buatlah cerita yang terdiri atas kata kata yang akan dihafal secara berurutan. Inget ya.. secara berurutan. Tambahkan kata-kata penghubung antara kata pertama yang akan dihafal dengan kata kedua yang akan dihafal, anatara kata kedua dengan kata ketiga, antara kata ketiga dengan kata keempat dan seterusnya, bukan sebaliknya.

4.Satukan gambar dan teks

Salah satu cara mudah untuk mengingat , adalah dengan menggabungkan gambar dengan tulisan. Hal ini membuatkita lebih mudah untuk mengingat informasi, karena semua yang kita lihat dalam bentuk visual, kita akan mudah dalam mengingat informasi. Misalnya, ketika menghafal nama pahlawan atau nama presiden negara lain, kita bisa sering-sering mencari nama di google images dan menghafal wajahnya.

5.Sering membaca ulang apa yang telah kamu catat

Kamu bisa membaca ulang catatan yang sudah kamu buat selama berkali-kali agar gagasan dalam catatan kamu bisa tertanam dalam-dalam di pikiran kamu. Jika kamu sudah merasa bisa menghafalnya di luar kepala, cobalah bicarakan catatan kamu dengan lantang tanpa harus menengok kepada teks.

6.Carilah motivasi untuk menghafalkan

Ada dua jenis stres yang dikenal dalam dunia kesehatan yaitu, stres yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan stres yang dapat membuat kita semakin sehat.

Stres yang membuat kita menjadi semakin sehat dan pintar adalah dengan memaksakan diri terutama melalui semangat dan motivasi. Stres akan menyebabkan hormon adrenalin kita terpompa sehingga kemampuan yang kita miliki akan keluar semuanya.

Begitu juga jika kamu ingin cepat menghafal, kamu harus memiliki motivasi yang bisa mendorong dan mengeluarkan semua kekuatan otakmu.

7.Catat kembali apa yang telah kamu hafalkan

Cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa adalah dengan mencatat kembali semua informasi yang sudah melekat di otakmu untuk di ikat lebih kuat lagi. Atau kamu juga bisa memanfaatkan smartphonemu untuk merekam apa saja yang sudah kamu hafal dan apa saja yang kamu lewatkan. Cara ini adalah cara paling mudah untuk mengevaluasi semua hafalanmu. Selain itu, dengan mengucapkannya kembali akan memaksa otak bekerja lebih keras untuk mengingat.

8.Jelaskan materi yang telah kamu ingat kepada temanmu

Apabila kamu ingin menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa, teknik mengajarkan apa yang sudah kamu hafal kepada seseorang atau langsung mempraktekkannya kepada dirimu sendiri misalnya dengan berbicara sendiri di depan kaca atau dengan memperagakan seolah-olah kamu sedang mengajar akan membantumu untuk mengingat lebih kuat  dan membuat otakmu tidak mudah lupa.

9.Sabar dan tetap konsisten

Diperlukan kesabaran yang tinggi ketika kita ingin menerapkan teknik ini untuk menghafal cepat. Jadi kadang-kadang kita merasa capek dan lelah untuk menghafal sesuatu, maka itu cobaannya. Teman-teman harus terbiasa menjalaninya. diibaratkan teman teman terbiasa bekerja dengan tangan kanan, kita akan dilatih untuk menggunakan tangan kiri kita. Jadi otak kiri kita mengendalikan organ bagian kanan kita dan otak kanan kita mengendalikan otak kanan kita. jadi, kita harus sabar dan konsisten untuk bisa terbiasa dengan metode ini.

10.Jangan lupa untuk beristrirahat

Rahasia seseorang yang bisa menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa, salah satunya adalah dengan mengistirahatkan otak. Kamu harus tahu kapan otak membutuhkan istirahat.

Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa, mengambil tidur siang, entah itu satu jam atau setengah jam memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap memori. Jadi, jika kamu memiliki waktu beristirahat pada siang hari, cobalah untuk rutin tidur walaupun hanya setengah jam.

 

Itulah beberapa trik yang penting untuk membuat anda lebih cepat menghafal,semoga bermanfaatt dan selamat untuk mencoba !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *