11 Trik Yang Terbukti Sakti Untuk Fokus Belajar

Posted on

Setiap orang tentu pernah merasa kesulitan untuk fokus saat belajar, tak terkecuali kamu. Baik itu karena pengaruh pikiran yang tidak menentu, suara obrolan orang lain, hingga perasaan lapar yang menghampiri.

Apapun itu, semuanya jelas dapat mengakibatkan kegiatan belajar kamu menjadi  terganggu bahkan tidak produktif. Sehingga, untuk mengatasinya, kamu mesti mencoba berbagai cara fokus belajar yang sudah terbukti dan bekerja pada orang lain.

Nggak cuma kamu kok sob ! saya dan sebagian besar masyarakat dibumi ini pasti jugga mengalami masalah yang sama .tidak ada manusia sob yang membedakan kegigihan dan kerja keras sendiri.

fokus

Untuk mengatasi masalah susah fokus belajar sobat dapat baca sampai selesai tips yang saya berikan ini dijamin sakti tetapi bukan sulap bukan sihir. berikut tips-tips nya saya rangkum dan dituliskan yaitu :

1.Cari suasana yang cocok untuk belajar

Kamar tidur atau ruang kelas tidak selalu cocok. Cari tempat yang nyaman dan tenang yang memiliki kursi besar seperti di ruang tamu; lebih bagus lagi kalau jauh dari TV, komputer atau telepon seluler Anda.

2.Sediakan makanan dan camilann sebelum belajar

fokus belajar

Kegiatan belajar yang kamu lakukan akan menguras cukup banyak energi. Sehingga cepat atau lambat kamu akan merasa haus bahkan lapar. Nah, daripada kamu harus mencari makan atau minum ditengah proses belajar, jauh lebih baik apabila kamu menyediakan semua keperluan perutmu itu sebelum memulai belajar.

Dengan begini, kamu tidak akan kehilangan tingkat fokus yang sebelumnya sulit kamu raih. Pasalnya, menurut penelitian, otak manusia membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mengembalikan fokus pada pekerjaan yang sempat terganggu. Alasan ini jugalah yang menjadi sebab mengapa para ahli melarang seseorang melakukan multitasking.

3.Jauhkan gadget dari jangkauan dan pandangan

Satu benda yang wajib dan kudu dijauhkan selama proses belajar adalah gadget atau smartphone Anda. Pasang status ‘busy’ di media sosial dan aplikasi chat Anda. Jangan lupa untuk mengatur nada dering menjadi silence.

Selanjutnya, simpan smartphone Anda di tempat yang tidak terlihat atau tidak terjangkau oleh tangan. Sehingga Anda tidak akan tergoda untuk membuka dan melihat-lihat smartphone Anda di tengah mempelajari mata kuliah.

Anda bisa menaruhnya di meja di ruang tv atau dimasukkan ke dalam tas yang diletakkan jauh di belakang meja belajar.

Jangan dimasukkan ke dalam laci di meja belajar. Karena ini akan membuat Anda tergoda untuk mengambilnya yang berujung buyarnya fokus dalam belajar.

4.Istirahat dengann cukup

Belajar emang baik, tapi belajar yang terus menerus juga enggak tepat. Ini disebabkan karena otak kita memiliki kemampuan untuk bisa berkonsentrasi enggak lebih dari dua jam. Akibatnya, setelah batas waktu tersebut, materi yang kita pelajari akan sia-sia karena masa konsentrasi otak kita sudah kadaluarsa.

Sembari menenangkan pikiran, kita bisa beristirahat terlebih dahulu. Lakukan hal lain seperti jalan-jalan atau nonton TV. Yang penting otak kita harus santai dulu sebelum belajar lagi.

5.Dapatkan motivasi yang tepat

Jika Anda mengulang pelajaran dengan baik dan bersiap-siap untuk ujian, Anda akan dapat menjalankaninya dengan baik. Tetapkan tujuan ketika mengulang pelajaran supaya nyaman ketika ujian. Jangan menganggap ujian sebagai beban, anggap saja ujian itu sebagai tantangan dalam proses belajar Anda.

Untukk lebih semangat dan fokus dalam belajar carilah motivasi untuk membangun semangat yang membara pada diri anda.

6.Berolahraga

Gerakan fisik seperti olahraga yang teratur ikut membantu melancarkan peredaran darah sehingga dapat menjaga asupan oksigen dan kalori ke otak. Dengan berolahraga kamu akan mampu meningkatkan dan mengaktifkan fungsi otak yang akan mempengaruhi konsentrasi sehingga akan meningkatkan fokus dan membuatmu lebih mudah berkonsentrasi.

7.Memilih waktu yang tepat

menentukan waktu yang tepat

Tidak ada yang lebih mengenal kamu selain dirimu sendiri. Hal ini berarti hanya kamulah orang yang mengerti kapan waktu yang paling efektif bagimu untuk belajar. Secara umum, ada dua tipe orang di dunia ini yaitu morning person dan night owlMorning person adalah mereka yang mudah bangun sekaligus bersemangat menjalani di aktivitas di pagi hari. Sebaliknya, night owl merupakan tipe orang yang merasa lebih baik dan bersemangat beraktivitas di malam hari.

8.Jauhkan dirimu dari pikiran negatif

Tidak ada manfaat sama sekali dari menyimpan pikiran negatif di otakmu. Apalagi ketika kamu tengah berusaha fokus untuk belajar. Pikiran negatif seperti tidak ada gunanya belajar, aku terlalu lelah untuk belajar, atau aku sama sekali tidak berfokus merupakan sejumlah contoh pikiran negatif yang akan mencegah hal-hal yang baik datang menghampirimu.

menjauhi pikiran yang negatif

Jika di saat proses belajar kamu dihantui oleh sejumlah pikiran negatif, maka berhentilah sejenak untuk mengosongkan pikiranmu lalu lanjutkan lagi kegiatan belajarmu. Jangan sampai kamu membiarkan pikiran negatif terus berada di kepalamu hingga menyeret kamu untuk setuju dengan pikiran tersebut. Bila sudah demikian, maka kondisi pikiran yang fokus akan sangat sulit untuk kamu raih.

9.Tentukan batas waktu belajar

Sesuatu yang berlebihan tidaklah bagus. Termasuk juga waktu belajar. Memaksakan diri belajar dalam waktu lama hanya akan membuat Anda tidak akan mendapat apa-apa.

Tentukan sejak awal akan berapa lama Anda belajar. Waktu yang ideal untuk belajar adalah sekitar 1-2 jam saja. Asalkan, dalam waktu tersebut Anda benar-benar fokus dengan materi yang dipelajari.

Jika Anda masih ingin melanjutkan untuk belajar materi yang lain, beri jeda terlebih dahulu. Sehingga otak Anda pun bisa lebih siap menampung dan memahami materi baru. Ambil jeda sekitar 30 menit sebelum kembali menekuni buku materi kuliah.

Ingat, berlebihan soal waktu belajar hanya akan membuat tubuh dan energi Anda terkuras. Jangan sampai ketika saatnya ujian justru tubuh dan pikiran Anda tak siap karena terlalu diforsir sebelumnya.

10.Jangan dengarkan musik kecuali hal ini membantu anda

Beberapa orang butuh musik untuk membantu belajar, tapi usahakan jangan sampai otak Anda terfokus pada hal lain ketika belajar. Suatu pengalihan perhatian, biarpun itu musik yang menenangkan, adalah beban yang harus dipikul otak Anda selain bahan pelajaran yang sudah ada.

11.Luangkan sedikit waktumu untuk santai

Stress dapat menyebabkan otak kamu lelah dan dapat mengikis kandungan dalam otak yang berfungsi menyimpan ingatan. Dengan gaya hidup yang seimbang dan melakukan aktifitas yang dapat membuat kamu rileks, seperti yoga, membuat kerajinan, dan bersosialisasi dapat mengurangi pengikisan ingatan.

 

Itulah beberapa trik untuk membuat kamu semakin fokus belajar .sekian dari saya ,semoga tips dari saya sangat bermanfaat bagi sobat dan selamat untuk mencobanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *