memunculkan ide baru

7 Trik Ampuh Untuk Menghasilkan Ide Baru

Posted on

Memunculkan ide baru atau sering disebut kreatif adalah kemampuan seseorang yang diharapkan semua orang . Apakah anda diminta untuk berpikir kreatif? Butuh ide-ide kreatif? Jangan khawatir! Berpikir kreatif adalah suatu kemampuan yang dapat dilatih.

memunculkan ide baru

Kreativitas dan inovasi tak harus berasal dari ide yang besar, bahkan ia bisa muncul dari ide-ide yang kecil. Namun, bagi sebagian orang, ide-ide kecil ini berakhir begitu saja tanpa rencana untuk dimanifestasikan. Dengan mengerti cara sederhana untuk merealisasikan ide-ide “kecil” yang Anda miliki, akan bisa mengubahnya menjadi cetusan inovasi dan kreativitas.

Namun, ide kreatif terbesar awalnya muncul di antara ide-ide kreatif lainnya yang lebih kecil namun banyak jumlahnya. Bisa jadi, hari ini Anda memiliki ide kreatif untuk dikonversi menjadi sebuah bisnis, dan besok Anda juga memiliki ide lain yang mungkin berbeda dari ide yang sebelumnya.

Untuk memunculkan beberapa ide kreatif mari kita simak panduan tips dari saya ini:

1.Berpikir secara sederhana

Banyak orang mengira ide-ide kreatif itu muncul dari pemikiran yang rumit. Padahal justru ide-ide cemerlang nan kreatif lebih banyak dihasilkan dari sebuah pemikiran  sederhana.Sebagai contoh, Fiki Satari pendiri Airplane Systm Clothing, pernah menemukan ide desain kaos produksinya saat melihat asap obat nyamuk.

Dari situ lahirlah berbagai ide desain kaos dengan gambar abstrak yang menjadi personifikasi dari karakter pemakainya. Itulah awal kelahiran tema Dancing Smoke dalam produk kaos buatannya.

Ide kreatif bisa muncul dari hal yang sederhana. Untuk kemudian dikembangkan menjadi gagasan yang lebih kreatif dan berbeda dari sebelumnya.

2.Berangan-angan

Berangan-angan membantu anda membuat koneksi dan pola serta mengingat kembali informasi lalu. Hal ini adalah kunci untuk berpikir kreatif karena berangan ini membantu anda membuat koneksi yang sebelumnya tidak dipertimbangkan. Jadi sering kali ide terbaik anda keluar saat anda sedang berangan-angan.

3.Sisihkan waktu untuk refleksi dann intropeksi diri

Sisihkan waktu untuk merenung. Perilaku atau pikiran apa yang menghambat kreativitas berkembang? Bagaimana situasi hidup yang bisa menghilangkan energi hingga mengurangi produksi kreatif Anda? Menyembuhkan diri Anda dari hambatan-hambatan tadi merupakan langkah tepat.

4.Pertimbangkan skenario terburuk

Ketakutan adalah hal yang membatasi kreatifitas. Ketakutan adalah apa yang membuatmu terus berada di jalan yang kamu tahu paling baik. Ketika anda mempertimbangkan skenario terburuk, tidak hanya anda bisa anda bisa merencanakannya, tapi anda juga bisa meyakinkan diri anda sendiri kalau skenario terburuk itu tidak begitu buruk sampai tidak boleh dicoba sama sekali.

5.Searching Images di Internet

Kadang Saya mencari apa yang baru dalam pemikiran masyarakat saat ini, apakah itu ungkapan atau jargon populer? atau trend kebiasaan baru di masyarakat. Saya akan membuka internet mencoba menggali inspirasi lewat gambar, misalnya Google Images. kadang kita menemukan beberapa gambar yang unik atau inspiratif, disanalah mulai menggali, mengembangkan dan memprosesnya menjadi satu pemikiran baru (kadang saya terpicu untuk membuat kegilaan baru..!)

6.Terus bersyukur

Bersyukur merupakan bagian “terbesar” dari kreativitas. Jika Anda mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih pada hal-hal sederhana, Anda akan diberkahi ide-ide baru. Gunakan catatan harian untuk membuat daftar semua hal yang disyukuri. Jika Anda menderita karena ide terhambat, duduk dan tuliskan 10 hal yang harus disyukuri. Jika Anda mengalami hal-hal yang baik, tuliskan rasa terima kasih Anda.

7.Jadilah diri-sendiri

Tidak ada hal yang bisa disebut kreatif ketika Anda menyelesaikan pekerjaan dengan cara-cara yang telah dilakukan orang lain. Meski hasilnya bisa maksimal, tetap tidak ada unsur kreativitas di dalamnya.

Kalaupun Anda mengambil ide orang lain dalam menyelesaikan pekerjaan, lakukan dengan cara Anda sendiri. Di situlah muncul unsur kreativitas. Karena tidak ada hal yang lebih baik selain menjadi diri sendiri.

Itulah beberapa tips yang harus anda lakukan untuk memunculkan ide kreatif atau memunculkan idel baru yang lebih luarr biasa.sekian informasi dari saya semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *