seseorang dengan mata yang berkedut

Apakah penyebab mata kedutan itu!dan inilah cara untuk mengatasinya!

Posted on

Hai sahabat setia ikito Pernahkah anda mengalami kedutan pada mata anda? Pasti pernah kan? Apa yang anda rasakan pada saat mengalaminya? Risih, pasti lah ya. Apalagi jika kedutannya terjadi pada bagian kelopak mata dan itupun secara tiba-tiba, pasti akan terasa sangat mengganggu, bukan?

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan kelopak mata bisa mendadak berkedut? Pernahkah anda mencari jawaban atas pertanyaan ini sebelumnya? Atau anda malah cuek-cuek saja jika mengalaminya dan tidak pernah bertanya-tanya akan hal tersebut?

seseorang dengan mata yang berkedut

Banyak mitos yang menyebutkan bahwa Mata  kedutan adalah pertanda sesuatu hal, entah itu baik atau buruk. Namun sebenarnya kondisi ini bisa dijelaskan secara medis.

Meskipun tidak menyakitkan, mata kedutan cukup menjengkelkan. Jadi coba simak penyebab dan cara mengatasi mata kedutan  berikut ini :

Penyebab mata kedutan

1.Stres dan cemas

Hal pertama yang menyebabkan mata berkedut adalah strees dan cemas.Jika terlalu banyak bekerja dan berada di bawah tekanan, tingkat stres seseorang akan meningkat. Sementara kedutan merupakan salah satu konsekuensi dari stres. Sebuah studi menunjukkan, saat stres, gejala kedutan cenderung akan menjadi lebih buruk.

2.Kelelahan

Hal kedua yang menjadi penyebab mata kedutan adalah kelelahan.Seringkali dikaitkan dengan stres, kurang tidur dapat mempengaruhi tubuh secara keseluruhan, termasuk kelopak mata. Tubuh yang lelah biasanya tidak dapat bekerja secara optimal dan menimbulkan gejala juga pada kelopak mata.

3.Pengumsumsian alkohol

Inilah penyebab yang sering terjadi .biasanya orang yang mengumsumsi alkohol kemungkinan dia akan mengalami kedutan mata.Banyak ahli yang percaya bahwa terlalu banyak mengkonsumsi minuman atau makanan yang memiliki kandungan  kafein yang tinggi dan alkohol, dapat memicu mata berkedut karena tekanan pada pembuluh darah meningkat.

4.Mata tegang

Inilah penyebab utama mata menjadi tegang,karena mata sering dalam keadaan tegang.Stres tidak hanya terjadi di keseluruhan tubuh, melainkan juga pada bagian-bagian tertentu yang spesifik. Jika digunakan secara berlebihan, misalnya terlalu banyak menatap layar komputer atau televisi, mata akan lebih mudah merasa lelah dan kedutan. jadi janganlah kamu terlalu lama berhadapan dengan layar yang bersinar.

Itulah beberapa penyebab mata menjadi berkedut .lantas bagaimanakah cara mengatasi mata agar tidak berkedut. mari kita simak berikut ini:

Cara mengatasi mata berkedut

1.berkediplah dengan kuat

Tutup mata Anda serapat mungkin. Kemudian buka selebar mungkin. Ulangi berkedip seperti ini hingga mata Anda mulai mengeluarkan air. Segera berhenti jika Anda merasa nyeri atau kedutan pada mata Anda justru semakin kuat.

2.Berkedip selama 30 detik

Berusahalah untuk berkedip dengan frekuensi yang tepat. Anda juga harus memastikan untuk berkedip dengan gerakan yang sangat lembut, seperti jika bulu mata Anda adalah sayap kupu-kupu. Proses berkedip sangat penting bagi mata Anda.inilah cara yang paling efektif yang patut sobat coba.

3.Cobalah untuk menutup mata anda rapat-rapat

Tutup mata Anda selama 1 menit. Selama itu, rapatkan kelopak mata Anda kemudian lepaskan, tanpa perlu membuka mata. Ulangi tiga kali sebelum membuka mata Anda.Gerakan ini  dapat melumasi mata dengan meningkatkan produksi air mata. Selain untuk mengurangi kedutan, Anda bisa menggunakan gerakan ini untuk menjaga kekuatan otot mata.

4.Cobalah untuk mencuci mata anda dengan air

Percikkan air dingin dan air hangat secara bergantian ke mata Anda yang tertutup. Air dingin akan menyempitkan pembuluh darah, sedangkan air hangat akan melebarkannya.cara ini patut sobat cob aterakhir jika semua cara diatas tidak mempan untuk menyembuhkan kedutan anda.

Demikianlah informasi dari saya tentang penyebab mata kedutan dan cara untuk mengatasinya.semoga anda lebih berhati-hati dalam menjaga mata anda.semoga bermanfaat bagi anda dan selamat untuk mencobanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *