ikan lele yang siap dimakan

Inilah beberapa manfaat lele bagi ibu hamil

Posted on

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang bisa kita temukan di sawah, sungai, bahkan di kolam yang berlumpur sekalipun.  Oleh masyarakat, sekarang ikan Lele juga sudah banyak dibudidayakan. ternyata Selain rasanya yang enak, ikan lele sendiri bisa dibilang mengandung banyak zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, namun sayangnya belum banyak orang yang mengetahui akan kandungan tersebut. Berikut dijelaskan apa saja kandungan dari ikan Lele yaitu:

 

Rendah Kalori dan Lemak

Ikan lele mengandung 122 kalori dan 6,1 gram lemak,Dalam setiap 100 gramnya.

ikan lele yang siap dimakan

Dengan kandungan kalori dan lemak yang rendah ini, ikan lele dapat dikonsumsi sebagai menu yang sederhana dalam menjaga kesehatan ibu dan janin yang sedang dikandung.

Sebagai sumber omega 3

Omega 3 merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu menjaga kesehatan dan perkembangan janin. terutama untuk otak dan saraf. Omega 3 tidak bisa dapat diproduksi oleh tubuh kita sehingga, untuk mendapatkannya kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 atau melalui suplemen. Tentu saja, paling baik adalah dengan mengkonsumsi omega 3 dari bahan yang alami dan sangat mudah didapat, misalnya dari ikan lele.

Lele sebagai sumber protein

Ikan lele adalah ikan air tawar yang dapat menjadi sumber protein tinggi. Proteinnya sekitar 20 persen. Fungsi protein dalam ikan lele tidak hanya meningkatkan protein yang Anda makan tetapi juga dapat menjadi pelengkap protein yang baik dalam menu Anda. Protein dalam lele, ada asam amino, metionin esensial lisin, , dan leusin.   protein yang  terkandung dalam ikan lele jauh lebih tinggi daripada protein dalam susu dan daging.

Sumber Vitamin B12

Dengan mengonsumsi ikan lele, kebutuhan vitamin B12 yang penting bagi ibu hamil dapat terpenuhi sebanyak 40% setiap harinya.

Selain itu, vitamin B12 yang dikandung oleh ikan lele juga bermanfaat dalam mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ikan lele kaya akan fosfor

Fosfor diperlukan dalam tubuh terutama sebagai sumber energi metabolisme tubuh sekaligus untuk perkembangan dan pertumbuhan gigi dan gusi. Ikan lele mengandung zat fosfor sekitar 168 mg/100 gram (lebih banyak dibandingkan kandungan fosfor dalam telur). Hal ini juga dibutuhkan pada perkembangan bayi dalam kandungan.

Jadi ikan lele sangat baik untuk calonn bayi yang masih dalam kandungan.demikian artikel yang dapat saya buat semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *