Inilah ciri-ciri wanita pada awal kehamilan

Posted on

HAMIL, merupakan sebuah tahap pasca pernikahan yang telah dinanti-nanti oleh calon orangtua. Tentunya fase ini adalah sebuah fase yang membahagiakan bagi setiap pasangan.

bunda yang sedang hamil

Mengetahui ciri-ciri hamil muda ternyata sangat bermanfaat, ya? Kesehatan calon buah hati adalah yang terpenting. Untuk itu, ibu juga harus menjaga kesehatan agar kandungan tetap sehat dan kuat.

Mengetahui ciri-ciri awal kehamilan sangat mendukung kesehatan kandungan, sehingga tumbuh kembang janin berjalan optimal. Ciri-ciri tersebut dapat diketahui sejak usia kehamilan 1 minggu dan semakin terasa setelah menginjak 3 minggu.

Salah satu kondisi yang umum jadi ciri-ciri hamil adalah nggak haid. Namun, sudah pasti ada kondisi lain yang jadi ciri-ciri hamil. Nah, ketika Bunda mengalami ciri-ciri hamil berikut ini, coba pastikan dengan cek ke dokter.Inilah beberapa ciri-ciri yang menandakan bunda dalam keadaan hamil :

1.mual dan muntah

Hal pertama yang menandakan bunda sedang dalam keadaan hamil adalah mual dan muntah yang terjadi sangat sering dan tanpa akibat yang mempengaruhinya.mual dan muntah ini bisa dijadikan ciri-ciri pertama bunda dalam keadaann hamil ya.

2.Mulut yang Terasa Asam

Tak heran bila kondisi ini membuat wanita hamil akan cenderung lebih menginginkan makanan dengan cita rasa asam dan menyegarkan. Hal ini umumnya dikenal dengan sebutan ngidam yang umum dialami oleh ibu hamil pada masa awal kehamilannya.

3.hilangnya nafsu makan

Tanda atau ciri orang hamil selanjutnya bisa dikenali lewat nafsu makannya. Kehilangan nafsu makan pada orang hamil disebabkan akibat terjadinya mual dan muntah yang seringkali dialami. Dimana kondisi ini terjadi sebab adanya pergejolakan hormon didalam tubuh.

4.sensitif terhadap bau

Ciri-ciri hamil lainnya adalah sensitif terhadap bau. Memang belum ada banyak bukti ilmiah tentang ciri-ciri hamil. Namun, sebuah laporan di tahun 1922 hingga 2014 menunjukkan sensitivitas penciuman ibu hamil meningkat tajam di trimester awal kehamilan.

5.pusing

Pusing adalah ciri yang paling menonjol yang dapat menandakan bunda sedang hamil ya. hampir 75% masyarakat pada masa awal kehamilan dia akan merasakan pusing.jadi bunda idk perlu takut ya!

6.lebih sering pipis

Ciri-ciri hamil lainnya adalah Bunda jadi lebih sering pipis. Saat hamil, kadar darah dalam tubuh meningkat sehingga ginjal pun memproduksi lebih banyak cairan.

7.perubahan pada payudara

Perubahan secara fisik pasti terjadi pada masa kehamilan. Adanya perubahan pada payudara dapat diketahui sejak kehamilan sudah menginjak usia 1 minggu dan 3 minggu. Pada masa awal kehamilan, umumnya payudara menjadi lebih kencang dan padat. Terjadi perubahan hormon yang juga menyebabkan membesarnya ukuran payudara sebagai persiapan menyusui.

8.diare tanpa gejala

Diare disebabkan oleh bakteri didalam usus yang menyebabkan cairan usus menjadi lebih cair dan lebih banyak sehingga tinja lebih lunak. Pada ibu hamil, diare disebabkan oleh efek perubahan hormon yang sangat cepat dan biasanya terjadi pada minggu pertama kehamilan.

9.kelelahan

Kelelahan juga menjadi ciri pada masa kehamilan ya bund. apalagi hormon progesteron meningkat,hal ini yang mengakibatkan bund mengantuk,jadi pada masa awal kehamilan seringlah beristrirahat ya bund.

10.sakit punggung

Apakah punggung bawah Anda terasa kerap sedikit nyeri? Jika biasanya Anda mengalami nyeri punggung, ini bisa jadi karena ligamen Anda melemas.Rasa nyeri ini akan terus ada sepanjang kehamilan, seiring pertambahan berat badan dan perubahan pusat gravitasi. Selain itu sering kali ini bisa mengubah postur Anda.

11.perut mengalami pembengkakan

Gejala dan ciri hamil berikut ini memang jarang terjadi. Namun, jika Anda merasa perut terlihat membengkak, ini dikarenakan tubuh sedang membentuk hormon progesteron yang akan lebih banyak dibandingkan masa sebelum hamil. Ciri-ciri kehamilan ini akan terlihat beberapa minggu sejak kehamilan terjadi.akan tetapi gejala ini pelu diwaspadai takutnya ada ganguan orang yang berada didalam.jadi jangan langsung terkecoh dulu ya bund.

Demikianlah informasi yang dapat saya berikan tentang ciri-ciri pada awal masa kehamilan.semoga bunda jadi lebih mengerti dan semoga bermanfaat bagi buunda ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *