smartphone yang sedang dicharger

Trik Jitu Cara Membuat Baterai Smartphone Tetap Awet

Posted on

Temen-temenn ikito yang berbahagia,apa kabar kalian ,bagaimanakah penggunaan smartphone anda setiap hari ? apakah hal yang kamu cemaskan adalah baterai smartphone kamu cepat habis ?untuk menghetaui caranya silahkan temen-temen baca sampai selesai artikel ini.

smartphone yang sedang dicharger

smartphone tak lagi digunakan sebagai alat komunikasi saja. Mulai dari sekedar mengetik dokumen, menikmati konten multimedia, bermain game dan kegiatan lainnya menggunakan smartphone. Tentunya hal tersebut membuat baterai smartphone Anda cepat habis sehingga harus segera diisi ulang.

Anda harus segera mengisi daya ponsel Anda jika habis. Ini perlu dilkakukan agar baterai ponsel Anda berumur panjang. Berikut tips memperpanjang usia baterai smartphone seperti dilansir Lifehack.

1.Penggunaan mode pesawat

Penggunaan mode pesawat tidak mesti harus saat akan menggunaan transportasi udara seperti pesawat, tetapi juga baik digunakan saat smartphone memang tidak digunakan. Hal ini akan menghemat baterai sekian persen dan dengannya dapat memperpanjang umur pakai baterai pada smartphone android ini.

2.Aturlah kecerahan smartphone anda

Jangan atur kecerahan layar hingga mencapai kecerahan maksimum. Hal ini tanpa disadari akan menguras daya baterai smartphone. Atur kecerahan layar seperlunya.

Jika smartphone Anda dilengkapi oleh sensor cahaya, biasanya ada fitur auto brightness(kecerahan otomatis). Jadi kecerahan layar akan menyesuaikan dengan cahaya di sekitarnya.

Pengunaan kecerahan yang maksimun pada ponsel juga cepat membuat mata sehatmu jadi sakit.maka hindarilah untuk terlalu mencerahkan ponsel ya kawan.

3.Hindari charger ponsel semalam

Tidak ada yang salah dengan kebiasan main gadget sebelum tidur, namun yang salah adalah ketika meng-charge gadget dalam kondisi tertidur dengan harapan ketika bangun akan penuh. Layaknya mengisi timba atau ember kamu akan mendapati isinya penuh tapi dengan kondisi luber dan tentu ini sangat tidak sehat untuk baterai kamu. Jadi, pintar-pintar dalam mengatur waktu charge ya.

hindari charger ponsel semalam

Saya pun juga pernah melakukan hal ini,tetapi hal ini membuat smarphone saya cepat rusak .dari pengalaman saya sebaiknya hindarilah mencharger ponsel terlalu lama ya temen-temen.

4.Jauhi aplikasi yang banyak mengandung iklan

Selain membuat baterai boros, dalam jangka panjang, aplikasi yang banyak mengandung iklan ini akan memperpendek umur baterai smartphone dan membuat performa smartphone kamu menurun.

Lebih baik pilih aplikasi yang aman-aman saja ya kawan.

5.Matikan fitur getar pada ponsel anda(Vibrasi)

Fitur getar juga mengonsumsi daya baterai, sama seperti kontras layar. Oleh karena itu, sebaiknya jika fitur getar tidak begitu dibutuhkan, misalnya, saat smaminimalisir dan dikurabgi, rtphone berada di dekat meja kerja Kita, fitur getar bisa dinonaktifkan. Dengan begitu konsumsi baterai bisa diminimalisir dan atau dikurangi.

Jika sobat tidak mau ponsel sobat tidak bersuara lebih baik di hening saja ya kawan daripada menggunakan fitur getar.

6.Hindari meletakkan smartphone di tempat yang panas

Baterai ponsel sangat sensitif terhadap panas, terutama yang timbul karena proses pengisian. Jika Anda sering berada di luar ruangan, biasakan memakai cover agar baterai tak terpanggang oleh panasnya temperatur luar ruangan. Namun, jika Anda sering bermain game yang cukup berat, maka jangan gunakan cover pelindung pada smartphone ketika bermain game agar panas bisa cepat tersebar.

Penggunan cover saat bermain game justru membuat smartphone semakin panas, karena panas berkumpul dalam satu titik dan tidak menyebar ke seluruh permukaan.

7.Batasi penggunaan fitur Lokasi

Cara memperpanjang usia baterai android yang ketujuh ini, adalah dengan mengatur penggunaan fitur lokasi. Penggunaan lokasi memang penting, bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi, namun hal ini menyerap konsumsi baterai yang cukup menguras, mengingat koneksi data internet dibutuhkan, dan juga koneksi GPS diaktifkan. Penggunaan lokasi ini bisa dibatasi pada kebutuhan saja, jika memang tidak sedang digunakan, sebaiknya di nonaktifkan dulu saja.

 

Itulah hal-hal yang perlu temen-temen hindari,karena hal-hal itu dapat membuat smartphone temen-temen cepet rusak dan baterai tidak awet.sekian tips yang  saya berikan semoga bermanfaat ya temen-temen.aminn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *