Trik mujarap memotong bawang agar tidak membuat mata menjadi pedih

Posted on

Memotong bawang bagi ibu-ibu merupakan hal yangg sepele,tetapi memotong bawang dapat membuat mata menjadi menangis lho,mengapa? mengapa bisa begitu ?Mengapa bawang merah bisa membuat mata Anda pedih dan mengeluarkan air mata, dan bagaimana Anda bisa mencegahnya? Bawang merah tersusun atas bagian luar yang disebut “tunic” (lapisan luar yang berwarna cokelat), bagian tengah berwarna putih yang disebut dengan “scale”, dan bagian bawah yang disebut “basal” (seringkali disebut sebagai “akar” dan memiliki banyak “rambut”). Saat Anda memotong bagian basal atau akar, bawang akan mengeluarkan enzim. Enzim ini bereaksi dengan seluruh bagian bawang dan melepaskan gas. Ketika gas tersebut bercampur dengan air, terbentuk asam. Jika air tersebut berada di dalam mata. maka akan ada asam terbentuk dalam mata Anda.

trik ini sekaligu dapat membantumu untuk pandai memasak ,simak sampai habis ulasan berikut ini:

1.Gunakanlah pisau yang tajam untuk mengiris bawang.pada saat mengiris bawang menggunakan pisau enzim yang mengalami kerusakan atau hancur hanya berjumlah sedikit,beda dengan menggunkan tangan kerusakan enzim pada bawang akan hancur.

2.dinginkan bawang kedalam frezer terlebih dahulu.sebelum mengiris bawang terlebih dahulu usakanlah untuk menaruhnya kedalam frezeer sekitar 10-15 menit an.cara ini dilakukan untuk mengurangi pengeluaran enzim asam.

3.potong bawang didalamm air.potonglah bawang sejenis bawang merah ke dalam air,hal ini dapat mengakibatkan enzim asam larut kedalamm air.

4.potong bawang didekat aliran air atau uap air panas.bawang yang dipotong disamping uap air akan mengalami proses penguapan enzim asam yang jika mengenai mata akan sangat pedih.

5.bernafaslah dengan mulut dann keluarkanlah lidah anda.hal ini akann menyebabkan mata anda tidak terlalu banyak terbaru.semoga bermanfaatmemproduksi air mata,sedangkan jika anda bernafas menggunkan hidung maka mata otomatis akan memproduksi air mata kembali.

6.rendam bawang terlebih dahulu.Jika sobat sedang mengiris bawang,agar lumayan mudah untuk diiris,rendamlah bawang terlebih dahulu sebelum sobat mengirisnya,hal ini berpengaruh pada enzin asam yang terkandung di dalam bawang berkurang.

7.potonglah secara melintang.bawang merah itu berbentuk berlapis-lapis dann berbentuk seperti  tabung,untuk memudahkan untuk mengirisnya dapat digunakan dengan cara ini.lebih gampang dan praktis.

8.menggunakan kacamata sebelum mengiris bawang.menggunakan kacamata membuat mata terlindungi dari gas .sehingga mata lebih aman dari gas bawang.

 

Jika cara-cara diatas sekiranya kurang tepat sobat dapat membaca artikel sebanyak mungkin diblog ini.semoga bermanfaat.sekian dan terima kasih!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *