Trik Sakti Cara Menyimpan Sayuran Agar Segar Lebih Lama

Posted on
sayurann hijau segar

Hai Teman-teman pecinta makannan,terutama bunda-bunda nih biasanya bingung banget masalah sayur yang layu padahal baru beli.untuk caranya lebih lanjut baca artikel ini sampai habis.hehehe

Persoalan apakah sayur bisa kita tahan kesegarannya lebih lama atau tidak bukan hanya sekadar soal cara menyimpannya. Semua berawal dari tahap ketika kita belanja sayuran tersebut dan baru soal cara penyimpanan atau mengolahnya.

Karena tidak langsung diolah, sayuran jutsru menjadi busuk dan tidak tahan lama, sehingga dengan begitu tidak sedikit sayuran yang justru terbuang dengan sia-sia.

Nah, untuk saat ini anda jangan merasa khawatir, karena ada tips menyimpan sayuran agar lebih tahan lama dan tidak mudah layu.Ikuti tutorial yang saya berikan ini:

1.Pilih sayur baru dan yang sangat berkualitas

Saat membeli sayuran hijau, pastikan untuk membeli sayur yang masih baru dan berkualitas bagus. Umumnya, sayur yang masih bagus tampak segar seperti sayuran yang masih hidup, teksturnya cukup keras dan tidak layu.

Apa langsung saja beli di perkebunan sayuran tersebut,hal itu akan jauh lebih baik.

2.Mencuci sayuran sampai bersih sebelum disimpan

Maka cara selanjutnya, bersihkanlah dengan menggunakan air mengalir sampai tidak ada satu pun kotoranĀ  menempel di dalamnya.

Bila anda berkenan untuk membersihkannya ke dalam wadah pencucian, namun ketika air yang dibuat mencucinya sudah kotor, Sebaiknya gantikanlah dengan air bersih. Lalu cuci kembali hingga sampai tidak ada kotoran atau debu yang terselip di dalamnya.

3.Jangan menyimapan sayur yang sudah terpotong-potong

Dalam menyimpan sayur sortir dulu mana sayuran yang baik disimpan dan mana sayuran yang harus diolah. untuk menyimpan sayuran usahakan pilih sayuran yang sempurna yang belum terpotong-potong. dan sayuran yang sudah terpotong-potong sebaiknya segerakan untuk mengolahnya .karena jika disimpan tidak dapat tahan lama.

4.Cek kulkas bersih atau tidak sebelum memasukkan sayuran

Pastikan terlebih dahulu kulkas bersih atau tidak sebelem memasukan sayuran yang akan sobatĀ  simpan.

Sebelum memasukkan sayuran atur dulu suhunya. Suhu di dalam kulkas sebaiknya yaitu antara 1-4 derajat celcius. Apabila lebih tinggi dari itu maka akan menyebabkan timbulnya bakteri yang nantinya akan mempengaruhi rasa dan aroma makanan yang disimpan di dalamnya, sementara jika lebih rendah dari itu maka akan membuat sayuran beku.

5.Simpan sayur kedalamm plastik sebelum dimasukkan kedalam kulkas

Menyimpan sayuran ke dalam plastik pun merupakan salah satu cara tepat untuk mempertahankan sayuran agar tidak mudah rusak, karena ketika sayuran dibungkus oleh plastik dan disimpan di dalam kulkas maka hilangnya kelembaban sayur akan lebih berkurang.

Sebelum disimpan, akan lebih baiknya jika sayuran dimasukan terlebih dahulu ke dalam plastik berlubang.Sayur yang dibungkus di dalam plastik selain awet segar juga akan senantiasa bersih dan tidak membuat lemari es bau.

6.Susun Rapi sayuran yang dimasukkan dikulkas

sayuran dan buah-buahan yang tersusun rapi

Anda harus mengetahui seperti apa dan bagaimana caranya menata sayur yang baik dan benar di dalam kulkas. Kulkas memiliki saku lemari yang disimpan di pintu yang biasanya digunakan untuk menyimpan telur atau minuman, badan kulkas seperti rak bersusunĀ  dan bagian freezer

Usahakan untuk menyimpan sayur dengan menyusunnya rapi di dalam lemari es. Satukan sayur jenis satu dengan sayur lainnya. Tempatkan sayur yang beratnya ringan di bagian paling sementara sayur atau makanan lain yang keras di bagian bawah.

Itulah tips untuk menyimpan sayuran agar lebih awet dan tahann lama.semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *